Sebaiknya, Hindari Melakukan Hal Berikut ini Saat Melangsungkan Pernikahan

Esensi dari pernikahan sebenarnya adalah ikatan yang terjadi setelahnya antara suami dan istri. Setelah menikah mereka akan mulai kehidupan baru. Berhasil tidaknya setiap pasangan dalam berumah tangga inilah yang penting, bukan tradisi atau resepsi saat menikah. Dan pastinya, kemeriahan atau kemewahan acara resepsi, tidak menjamin kebahagiaan hubungan yang dijalin kelak. Tentu sudah saling mengenal jika sudah melalui tahap berkenalan terus tunangan dengan cincin tunangan yang sudah tersemat di jari.

Tetapi adakalanya, dengan alasan sudah menjadi tradisi atau kebiasaan keluarga, hal-hal yang sebenarnya tidak terkait dengan esensi pernikahan itu sendiri tetap dilakukan, sehingga tak jarang sangat memberatkan, sebab membutuhkan biaya yang tinggi. Padahal jika direnungkan, kebutuhan rumah tangga setelah menikah tidaklah sedikit. Jadi, alangkah baiknya jika mengalokasikan uang yang dimiliki untuk kebutuhan sehari-hari setelah menikah.
Nah, jika anda setuju dengan pemikiran diatas, tak ada salahnya untuk menghindari kebiasaanya yang kurang ada manfaatnya untuk masa depan tersebut, asal tak mengurangi nilai ke-sakral-annya.

1. Menyeragamkan busana keluarga besar
Membeli bahan dan membayar penjahit akan menambah banyak beban biaya pernikahan anda. Belum lagi jika anggota keluarga anda tidak sedikit jumlahnya. Ini pemborosan bukan? Lebih baik berikan kebebasan kepada anggota keluarga anda untuk berbusana sesuai gaya masing-masing. Cukup berikan panduan saja tentang corak dan teksturnya.

2. Cincin pertunangan bertahtahkan berlian
Acara pertunangan sebenarnya bukan suatu keharusan. Demikian juga cincin berliannya juga bukan sesuatu yang wajib ada. Tidak masalah jika anda hanya membeli satu pasang cincin kawin saja yang biasanya dipakai dalam prosesi tukar cincin setelah akad nikah. Coba anda hitung sendiri berapa biaya yang bisa anda hemat dengan cara ini. Cukup lumayan kan?

3. Mengundang banyak tamu dalam resepsi
Resepsi pernikahan dengan banyak tamu adalah tradisi yang banyak dianut orang di Indonesia. Semua rekan dan relasi orang tua wajib diundang, walaupun terkadang tidak begitu dikenal oleh mempelai. Bahkan di daerah tertentu biasanya akan dilangsungkan beberapa upacara adat sebelum tanggal pernikahan yang juga dihadiri banyak undangan.
Jika anda memutuskan untuk menghemat biaya pernikahan, buatlah pesta kecil saja yang dihadiri oleh keluarga, sahabat dan rekan dekat anda. Konsep pernikahan macam ini banyak digemari pasangan muda saat ini. Selain tidak membuat kelelahan, pesta seperti ini bisa menciptakan suasana lebih hangat karena para undangan adalah mereka yang benar-benar mengenal anda.

4. Sesi foto pra nikah ke luar pulau bahkan luar negeri
Indonesia punya banyak sekali pemandangan indah dan unik yang bisa menjadi latar belakang foto pra nikah anda. Jadi tak perlu repot-repot ke pulau lain atau bahkan ke luar negeri. Waktu dan biaya bisa dihemat jika anda tidak bepergian terlalu jauh sebelum menikah. Tak masalah juga jika anda berfoto di studio. Acara lamaran pun bisa anda manfaatkan menjadi foto pra nikah anda.

Nah itulah hal-hal yang patut anda pertimbangkan ketika menikah untuk membuat pernikahan anda berkesan tanpa menghabiskan banyak biaya. Rencanakan semuanya jauh-jauh hari agar lebih sempurna. Untuk mendapatkan cincin couple yang bisa request material cincin yang diinginkan bisa cek di http://cincinpasangan.com. Disini kamu bisa memesan model cincin sesuai dengan keinginanmu. Misalnya kamu ada foto cincin yang ditaksir dan bisa dibuatkan hampir sama seperti yang di inginkan. Semoga bermanfaat informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cincin.

Leave a Comment